Senin, 21/05/2007 12:29 WIB
Jalan Misteri di Gunung Kelud Ternyata Hanya Ilusi

Irawulan – detikHot Surabaya,

Misteri mobil bisa berjalan sendiri di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri terjawab sudah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen ITS. Ternyata kendaraan yang bisa berjalan sendiri itu hanya tipuan mata atau ilusi. Penelitian itu dilakukan pakar Kebumian ITS Ir Amin Widodo MT yang melakukan penelitian pada tanggal 5 April lalu. Pihaknya sengaka melakukan penelitian karena penasaran dengan cerita tentang adanya jalur misteri.Ia dan beberapa mahasiswa dan dosen ITS datang ke kawasan jalan miring tersebut. “Ketika kita lihat dan kita ukur per meter. Dan ternyata ada yang datar,” ungkap Amin kepada detikcom, Senin (21/5/2007).

Menurut Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS ini, jika seseorang berdiri di sisi sebelah Selatan maka “jalur misteri” akan terlihat menurun. Padahal itu tidak benar.Namun kata Amin, ini baru kesimpulan sementara dari hasil penelitian yang mereka lakukan. Pihaknya akan melakukan penelitian kembali untuk menghitung sudut kemiringan. “Rencananya kita akan mengukur tinggi rendah kawasan itu dengan alat yang disebut Peodolis,” terangnya.Sementara itu dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Seno Puji Sarjono, dosen geofisika dan Darminto, dosen fisika juga menyimpulkan hal yang sama. Hasil penelitian keduanya menyatakan jalan misteri menuju lokasi wisata Gunung Kelud Kediri tidak mengandung unsur magnet yang bisa membuat kendaran bisa jalan sendiri tanpa dijalankan. “Sekilas memang jalan ini menanjak namun setelah diteliti ternyata menurun dengan kemiringan 5 derajat,” ungkap Darminto.

Dengan mengggunakan alat kompas giologo posisi jalan yang selama ini dianggap orang sebagai jalan misteri sepanjang 200 meter itu kondisi jalannya menurun dengan sudut kemiringan 5 derajat hingga mobil atau motor yang berada di jalan tersebut dan bisa berjalan walau tanpa mesin mobil nyala.

Dan ketika menggunakan alat magneto meter juga tidak ditemukan unsur magnet yang kuat di sekitar lokasi semuanya normal seperti umumnya.(wln/mar)

Latihan:

Coba perhatikan gambar di bawah ini. Apakah panjang ketiga garis itu berbeda? Semua itu ternyata hanya ilusi mata.
ilusi-garis.png

2 Responses to “Misteri Jalan Gunung Kelud”


  1. 1 Wiseman August 31, 2007 at 6:34 am

    The moral of the story: hidup ini juga ilusi. Yang kau kira kuasa, sebenarnya hina di hadapan Allah. Yang kau kira kaya, sebenarnya miskin di hadapan Allah.

  2. 2 tajudin May 15, 2010 at 1:07 pm

    saya orang kediri juga sudah kenal sama jalan ke gunung kelud
    ya itu memang jalan kelihatanya naik , tetapi spd motor terasa enteng jalanya , coba saja berhenti di tengah berdirilah disitu 15 menit amati betul rasakan betul akan kelihatan sebetulnya jalan itu landai agak menurun sedikit. Berhubung itu untuk obyek wisata dan supaya menarik banyak pengunjung dan agak diberi ramuan mistik maka akan membuat penasaran bagi yang belum kesana , silahkan saja kesana orang kediri ramah kok


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: