SPIRITUALISME

Dialog lintas agama, kepercayaan dan keyakinan.

Ilmu Ma’rifat HA-NA-CA-RA-KA

huru-jawa.jpg

 

 

 

 

HAnaira sejatine wahananing Hyang.

NAdyan ora kasad mata pasti ana.

CAreming Hyang yekti lan cetha wineca.

RAsakna rakete lan angganira.

KAwruhana ywa kongsi kurang wiweka.

DAdi sasar yen sira ora waspada.

TAmatna prabaning Hyang sung sasmita.

SAsmitane kang kongsi bisa karasa.

WAspadana wewedi kang sira gawa.

LAlekna yen sira tumeka lalis.

PAti sasar tan wun manggya papa.

DHAsar beda lan kang wusa kalis ing godha.

JAngkane mung jenak jenjeming jiwara.

Yitnanana liyep luyuting pralaya.

NYAta sonya nyeyet lebeting kadonyan.

MAdyeng ngalam parantunan away samar.

GAyuhane tan ana liyan mung sarwa arga.

BAli murba misesa ing jero jaba.

THUkulane widadarja tebah nistha.

NGArah-arah ing reh mardi –mardiningrat.

Kalau kita sebagai anak bangsa mampu mengaplikasikan warisan budaya leluhur kita tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak usah khawatir ada masalah korupsi, kolusi dan nepotisme. Mari kita sebagai anak bangsa sama-sama GAYUH HAYU-HAYUNING BAWANA. Demi masa depan anak cucu kita.

76 thoughts on “Ilmu Ma’rifat HA-NA-CA-RA-KA

  1. sang paduka muhammad saw mengajarkan pada ummatnya bahwa doa yang paling bagus adalah doa yang bisa dipahami dan dihayati maknanya. bukan hanya sekedar ucapan komat kamit sebentuk mantara

  2. Sesungguhnya Hanacaraka adalah ilmu bahasa asli jawa, sehingga penamaan makrifat sangatlah kurang pas. Hana kang tinulis, Ha dari Hurip. Bahasa alam hanya bisa dibaca dengan rasa

    Nuwun

  3. SINUWUN PRABU AJI SOKO: PARING PITEDAH MAKATEN
    HO NO CO RO KO
    DO TO SO WO LO
    PO DHO JO YO NYO
    MO GO BO THO NGO

    UMPAMINIPUN
    BATORO : WEJANGAN KANJENG SUNAN….
    3 PANGUCAP AKSARA ABASYID : BA .. TA .. RO..
    MENIKO DADOS AYAT AL-QUR’AN
    MONGGO KITO GALI…

  4. Allah suka orang2 yg sabar
    Di dalam ayat suci al-qura’an
    Ada ayat yg berbunyi orang yg berpikiran sederhana masuk surga dan orang yg berpikiran ruet masuk neraka.
    Orang kuno jaman dulu bilang seorang kiyai masuk neraka dan seorang pencuri/pelacur masuk surga.
    kenapa kita tdk mencoba bersama2 sebagai manusia mahluk yg mulia ciptaan Allah tdk berpikiran sederhana.
    Lihatlah gunung dr jauh pasti kelihatan indah, jangan coba merangkulnya tanganmu terlalu pendek tuk meraihnya
    Allah lebih dekat dr pada urat leher
    salam kaswargan sejati aksoro alif

  5. Sejatinya Ha na ca ra ka adalah huruf lafal vokal yang penuh makna, sehingga menjadi bahasa Jawa dan Bali. Kalau mau jujur inilah sejatinya BUDAYA ASLI INDONESIA !!.
    Semestinya setiap oarang indonesia Harus menghormati budaya ini. Budaya ini juga merupakan reflika adi hulung, tuntunan budi pekerti yang sama tujuannya dengan tujuan agama (hindu). Hanacaraka ini lahir tahun 78 masehi, jauh lebih dulu ada sebelum Nabi muhamad lahir (th 522 Masehi).

    Banyak orang Islam Indonesia, yang melecehkan, bahkan dikatakan sirik !! ala Islam !

    Kalau saya biarlah dikatakan sirik, tapi nikmat hasil leluhur sendiri, dari pada harus belajar bahasa arab, krn arab bukan bangsa saya !! lagi pula jauh belakangan lahir dari hanacaraka !!

    penyebaran Islam pada jaman dahulu di indonesia, sudah jelas main paksa dan main kroyok !! mana mungkin orang jawa/Indonesia mau belajar budaya arab/Islam yang budayanya kering krontang, dibandingkan dengan budaya jawa/hindu yg penuh kelembutan, dalam, dan teduh !!

    SURODIRO JOYODININGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI !!
    INgat hanya 500 tahun diberkan berkembang, saatnya akan kutagih kembali !!!

    1. Ki…..sebaiknya kowe g usah banyak komentar klo g ngerti sejarah asli, baik aksara jawa maupun cara penyebara islam di jawa. kowe dewe lair tahun piro??????

      1. ojo dung kerahan dewe dewe,piye nyatane delok wae,. islam jowo bakal nyawiji,kabeh agomo nek tanah jowo bakal bersatu,,
        timun sigarane,ayo bangun negarane,..

    2. lha wong nabi muhammad saja keturunan jawa kok , lihat mana ada orang arab yang sifatnya santun , rendah hati , baik , suka mengalah , sabar , penyayang dan lain sebagainya . hanya orang jawa yang punya sifat tersebut . . . #nglindur

  6. Автотехсервис для автомобилей разных марок осуществляет качественное обслуживание. На участках укомплектованных на автопредприятии мастерами осуществляется ремонт ходовой acura, с использованием новейшего оборудования и приспособлений. Получены значительные опыт и умение при проведении предусмотренных работ различных марок и моделей автомашин, что позволяет распознать вскрытые ошибки в действии агрегатов и выполнить полноценную диагностику а/машин в короткие сроки.

  7. Muslim = yg diselamatkan (lahir~bathin)

    Islam = keselamatan (tujuan)

    Mu’min = yg prcaya, yakin

    Iman = kprcayaan, kyakinan

    Allah = yg memiliki, Empu, Raja, Penguasa

    jngn pikir agama dulu, plus madzhab, imam, hadist dsb . . .
    I tell u this, coz i love u

    Aqimushalat = Sadarlah . . . .

  8. sering kita menganggap diri kita modern dengan meninggalkan warisan budaya. Tapi apa pernah kita bertanya pada diri kita, sejauh mana langkah kita untuk kehidupan yang melebihi warisan leluhur?

  9. WEDARAN DARI KALIMAT
    Dalam bentuk persenggamahan sbg kewajiban/utusan kelangsungan hidup manusia:
    HO NO CO RO KO : Ada utusan, bahwa laki-laki dan perempuan adalah utusan dari Tuhan di kehidupan dunia ini.

    DO TO SO WO LO : Saling bertengkar, dari kedua utusan itu terjalin sebuah pertempuran rasa.

    PO DHO JO YO NYO : Sama saktinya, kedua belah pihak sama-sama sakti/kuat dalam pertempuran rasa.

    MO GO BO THO NGO : Semua menjadi bangkai/ meninggal, setelah rasa sudah masing-masing di dapatkan, maka keduanya lemah tidal punya kekuatan.

    Wedaran tsb adalah bentuk penggambaran persetubuhan manusia untuk mendapatkan keturunan. Inilah kewajiban dari Tuhan untuk manusia, sebagai penerus kehidupan di dunia yang mengemban amanah sebagai Kalifatullah. Semoga dari wedaran-wedaran Ha Na Ca Ra Ka dapat menambah kekayaan kasanah dan pemahaman terhadap Budaya kita. Semoga bermanfaat.

  10. terimakasih atas ilmu yang di berikan oleh R. Kasto Pramudyo. penjelasan seperti inilah yang seharusnya di sampaikan oleh poro sesepuh yang mengerti makna dalam aksara jawa. bukan yang berbau SARA. matur sembah nuwun R.Kasto

  11. tak ada salah nya mendengar lagu bimbo … aku jauh engkau jauh , aku dekat engkau dekat …..
    agama islam 1 dan al-quran juga hanya 1
    tapi kenapa harus mendirikan NU, Muhamadiyah, dan persis ??????
    bukan kah akan menimbulkan rasa /pendapat yang akan menimbulkan pertengkaran , dan kenapa terbagi ??? (akan lebih kuat jika bersatu)

  12. apapun bahasanya selagi maknanya bagus, berupa nasehat utk kita semua tdk jadi masalah, justru jangan mengkotak kotakan bahasa (bahasa arab lebih bagus), masalahnya paham gak bahasa arab itu. jangan hanya punya pola pikir pendek yg justru merugikan diri sendiri.

  13. Semua agama ajarannya sama, bertujuan menyembah Tuhan Yang Maha Esa ( ALLAH SWT ) sedayane kitab niku sangking allah swt ingkang dipun wahyukan pd nabi/rasullnya. Baik itu agama Hindhu, Budha, Kristen, Dan Islam semua kitab yg dipakai dr Alloh swt. Masing wilah/negara memili huruf/simbul masing2. Jawa hrf jawa, arab huruf arab dan begitu seterusnya. Klo msh buta dgn wawasan kepercayaan raksah do komen. Beno kw resi, empu atau apalah namanya lbh baik kerjakan saja apa yg km anut dan km percayai. Nwn Wssl

  14. Qt hdp mengikuti budaya, yg diwariskan oleh org sebelum Qt, ajaran yg dianut adalah ajaran allah swt dgn menggunakan bhs allah swt bukan bhs arab atau bhs jawa. Klu mau lihat asbabbun nuzulnya kalian pasti x mampu berkomentar karena semua hak allah swt.

  15. saya belajar ilmu kejawen, dan sayapun belajar agama pada alim ulama.. intinya, saya satukan kejawen dan ilmu islam dalam diri saya, karena jawa adalah budaya luhur sarat dengan kehidupan sejati manusia sedangkan islam adalah petunjuk sekaligus penyempurna segala keyakinan yang menjadi pendahulunya..
    Sepetik yang saya ingin sampaikan -“rahayu wong kang resik atine”-..
    intinya, semua yang telah ada maupun yang akan ada adalah kuasa Allah SWT.. semua yang ada di dunia ini terpancar dari cahaya kebaikan, apapun masalah yang dihadapi..kembalikan pada rasa yang menyatu dalam qalbu masing2, biarkan hati yang jernih dengan detak asma Allah yang akan menjawab semua tanya poro kadang skaliyan itu..

    -Nuwun poro sesepuh, mugi2 saget dadosaken piwulang kagem kulo..

  16. maaf saya lupa, untuk kang mas Rommy,,
    NU dan Muhammadiyah iu bukan suatu aliran.. NU maupun Muhammadiyah hanya suatu organisasi dengan pemikiran masing2.. namun tujuan mereka tetap pada hakikat Allah swt, memenuhi jalan menjadi hamba, insan, ihsan yang diridloi yang menuju pada perjanjian yang telah ditetapkan, untuk beribadah kepada Allah SWT (dalam hal ini mereka menjadi satu kesatuan umat).. itupun demi kebaikan mereka masing2..

    bisa njenengan lihat di :
    http://sosbud.kompasiana.com/2011/09/09/nu-dan-muhammadiyah-itu-beda/
    – silahkan diperluas lagi jika njenengan punya waktu untuk browsing..

    -demikian pemikiran saya, mohon di koreksi untuk pembelajaran saya, suwun..-

  17. askum,,, aq mau kasih penerangan dikit tentang ha na ca ra ka dst,,, ini mempunyai arti filsafah yg sng dalam,, dan tidak satu orang /sarjana sastra yg dapat menterjemahkan secara pasti,,,kecuali dengan bahasa RASA yg ada dlm diri kita,,,

  18. wess do kono..do ngilani marang liyan..awake dewe ra tau d kilani..
    rasah do ngeyel…wong ngeyelan nandakke cetek ususe..ora sabaran..
    kepengen bener dewe…wong islam jowo yo akeh..wong jowo sing islam yo akeh..sing penting lakune uripe dewe2…
    ngibadah..bareng2 oleh…d tompo ora’e urusan dewe2..

  19. hahahaha yen podo ngaku wong jowo yo sing memayu hayuning bawana, yen ora ngerti memayu hayuning bawana ya podo sinauo le…..

  20. Pahamilah semuatu yg penting sadarila bahwa sgla apapun itu baik nyata tau tidak itu semua hamong sadermo titaheng hyang.

  21. HA = Hana = Ada
    Allah itu hana artinya ada. adanya Allah tiada yang mengadakan jadi adanya terdahulu. tanpa permulaan dan tiada batas. karena Allah bersifat baqo yang artinya kekal atau langgeng. ” LANGGENGING TAN KENANING OWAH, URIP TAN KENANING PATI” yang artinya Allah itu maha hidup selamanya tanpa batas, tiada perubahan dan tiada kematian. HA = Hurip = Hidup = Hayyu.

    NA = Nur = Cahaya = Petunjuk.
    Allah merupakan sumber cahaya. jagad raya mnjd padang njingglang atau terang benderang. Allah lah yang memberikan cahaya petunjuk kedalam hati manusia.

    CA= Cipta, Allah maha pencipta.

    RA= Ruhul Quddus= Malaikat jibril AS.
    Allah mengutus malaikat jibril AS untuk menyampaikan wahyu kepada Muhamad.

    KA= Kun= Jadi
    Allah apabila menghendaki sesuatu maka akan terjadi. KUN = Jadi, maka Jadilah.

    jadi HANACARAKA dapat kita simpulkan bahwa ALLAH itu ada. adanya terdahulu. Allah yang menciptakan langit bumi seisinya termasuk kita. kemudian Allah menurunkan wahyu kepada umatnya dan apabila Allah menghendaki sesuatu cukup berkata KUN atau JADI maka jadilah ia.

  22. mas fajar asmoro benar islam itu suci jowo itu sakti jadi suci dan sakti biar yang memegang kesaktian gak adigung adiguno dan yang memegang suci biar gak sok suci

  23. Tidak usah menjadikan beban, manusia didalam islam diajarkan bebas dari keterikatan ia boleh berpendapat, memilih bahkan menjalankan, tetapi awal mula yang wajib diketahui adalah mengenal dirinya agar mengenal Tuhannya, jangan seperti mereka yang tdk mengenal Tuhannya maka Tuhan akan menjadikan mereka tidak mengenal dirinya

  24. setelah aku ikuti coment masing2,
    semuanya pinter2,dan yg Bodho cuma aku..
    dengankebodohan itu pula aku bertanya,….

    Bener itu ada berapa….?

    Apa kita sudah Bener sesuai apa yg diperintahkan NYA…?

  25. Jangan sok membenarkan ajaran yang di anut benar buat penganutnya belum tentu benar buat yang bukan penganutnya,klo ajarannya paling mulia kenapa masih banyak yang korupsi,maling,ngutil dll padahal orang klo memahami ajaran agama pasti tidak akan menyakiti orang lain baik hati dan perasaan maupun secara fisik.Dalam ajaran jawa Ojo Mateni Sapadha padhane urip, artinya
    tidak membunuh apa saja,
    semua mahluk hidup harus
    dicintai dengan sungguh-
    sungguh baik tumbuhan
    maupun hewan apalagi
    manusia, pada sebagian besar
    hewan mengenal rasa sakit,
    kecuali hewan di air, jiwa
    dikehidupan yang mengenal
    rasa adalah percikan Tuhan
    yang akan berbalik menjadi
    energi negatif bagi diri
    mahluk hidup yang menyakiti,
    apabila disakiti, membunuh
    dalam konteks menyakiti tidak
    diperkenankan karena
    merupakan perbuatan kejam.
    Apapun alasannya setiap
    pembunuhan adalah menyakiti
    dan untuk mencapai kesucian
    jiwa maka membunuh apapun
    akan dapat menodai kesucian
    tersebut.membunuh hanya
    dapat dilakukan oleh jiwa-jiwa
    rendah seperti hewan dan
    pembunuh akan sangat sulit
    mencapai alam tengah.
    Klo ajaran dari Arab membunuh orang kafir itu halal itu kan sudah tidak benar,kafir dan tidaknya orang itu bukan dari beda agama.Ibadahnya tekun saja masih suka iri,benci,dengki dll terhadap orang lain.Di kemanakan ibadahnya klo perbuatannya demikian.Rahayu

  26. Hee…ojo ngaku wong jowo nek podo gelut dewe, ayo podo dolanan lan sinau.
    Iki bab arti tembung jowo, iyo kudune bab tembung jowo… ela dala… kok tekan islam lan hindu barang dadi malah padu, uwis ngono ora nyambung karo tembung jowo sisan. walah le.. le… ojo ngisin-ngisini waris.

  27. Menungso orep neng alam ndunya kudu seng ati ati bakale oleh uji sakeng engkang mirben dhumadi .bakal oleh kebahagiaan lan kesengsaraan kabeh iku bakale bali mareng engkang moho pinuji.

  28. Maaf kalau kiranya salah, tapi Setau saya Semua ajaran agama itu sama, semua adlh ajaran Allah swt, hanya Allah swt menurunkan ajaraNya kepada umatnya itu bertahap melalui zaman yang berbeda, pembawa ajaran/ wahyu yg berbeda dan melalui budaya yang bebeda, hanya terkadang manusianya yg melenceng atau kalo ga belum faham secara mndalam ttg ajaran Allah Swt, tapi ingin cepat2 mencapai puncak makrifat, jd ujung2nya syirik dan timbul perdebatan karena masing2 merasa benar dan merasa paling dekat sama Allah swt. makanya Allah Swt memerintahkan kita utk belajar (leluhur jawa bilang) agar kita ” biso rumongso ora mung rumongso biso” dan Allah Swt mnyukai orang2 yang pandai. Jadi kita jangan menjustifikasi bahwa budaya jawa itu syrik, krn ajaran Allah Swt sndri itu masuk melalui sisi baik budaya2 yg ada di masing2 zaman pembawa wahyu Allah swt. Dan saya rasa semua umat manusia itu selalu ingin mencari kebenaran sejati, berkah dan ridho dari Allah swt, hanya terkadang mreka ingin cepat2 terkabul keinginanya tp blm di kabulkan dan akhirnya timbul rasa tidak percaya kpd Allah swt, makanya jd melenceng. Padahal sebenanya pemberian Allah itu brada dalam prasangkamu. Jika prasangka kita buruk thdp Allah swt, Diapun akan mmberikan sesuai prasangkanya, bgitupun sebaliknya.

  29. belajar hanacaraka yang di bc dari belakang bukan berarti belajar sambil memegang buku.ilmu yang di mksud adlh orng yg bisa hafal dari belakang tanpa melihat buku dan tanpa membaca buku tp dia hafal secara lisan.itulah yang di mksud ilmu kejawen.kalau sudah hafal di belakangnya jg ada doa tambahan yang di khususkan buat yang udah bisa hafal.klo bukan orng jawa susah memahaminya.ok suwun para sedulor2 ku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: